Saturday, September 21, 2013

Tiga, 22 September 2013.
satu bbulan sudah menjalani kehidupan di negri orang. Jauh dari orang tua. Teman. Hal baru apa yang telah kupelajari?
Banyak. Banyak, kawan. Kali ini, aku mau cerita tentang sekolah or high school disni. Berbeda? Ya. Bohong kalau tidak. Semakin hari, sebenernya aku makin geregetan, kenapa? Geregetan karena ada beberapa poin dari high school disini yang metodenya menurutku bagus sekali. Disni aku ngambil pelajaran yang memang ga ada di Indonesia. Contohnya, aku ngambil Spanish 1, dan i used to take French 1. Tapi, lebih baik kita fokus dulu kan? Maklum, kita kan manusia, terbats kemampuannya. hehe. Selain karena bahasa spanyol lebih mudah dilafalkan dibanding dengan bahasa Prancis, bagi saya ornag Indonesia :).
Metodenya giman yang katanya bagus itu?
Waktu saya di kelas Spanish 1, kita belajar lewat gambar. Jadi kalu kita ketemu kata baru, gurunya langsung nunjukin gambar, bukan translate ke bahasa inggris, apalagi bahsa Indonesia. Metode itu lebih menggunakan kemampuan otak kanan, jadi lebih mudah. Kalau lupa vocab, ingetnya bukan sama kata bahasa inggris tapi sama gambar.
Terus, lunch. Waktu 35 buat lunch dan itu cukup, meskipun buat anak-anka yang lagi belajar di lantai 3 dan harus turun ke lantai 1. Semuanya serba tepat waktu, ngga ada yang namanya telat lima menit. Sebenernya, ada sih yang telat, bahkan sampai 30 menit lamanya. Tapi... ada tapinya. Mereka dateng ke office buat dapet pass card. Jadi ngga maen nyelonong aja, kalo guru lagi nerangin.
Disini, kita bisa failed di semua tes. Sebenernya ngga failed-failed amat. Tapi, ini berkaitan dengan tanggung jawab. Teacher ngga akan bereaksi apapun kalo tes kita jelek. But! Kalo ngga ngerjain homework, itu yang jadi masalah! Dan ngga ada yang namanya copy! Or cheat!
Kalo ketauan, langsung enol besaaarr!! Ini yang paling aku suka. :)
Sulit sih, sebenarnya untuk mengatakan kalo disini pure witout cheat, Everywhere, guys, there is always be someone who break the rules.
Tapi, hal sekecil itulah yang mestinya anak-anak di Indonesia negriku tercinta lakukan, jangan nyontek sayang~.... :)
disini ngga ada national exam, kaya di Indonesia. Tapi, setiap grade punya project sendiri yang projectnya itu harus berkaitan dengan prospek kerja kita dimasa depan. Jarang kan, sekolah di Indonesia yang bertany-tanya dan sekaligus serius mengenai ini... Mayoritas berjalan tanpa arah, sehingga banyak yang meskipun kuliah, tapi ngga punya kerja. Kurang penjurusan.
Dan kali ini, doakanlah aku kawan, supaya belajar banyak. dari hal sekecil apapun. Supaya aku yang punya banyak keterbatasan dan masih ngga tau apa-apa ini, bisa setidaknya berbagi cerita dengan kawan-kawan di Indonesia, supaya kita semua sama-sama maju :')
fightingg!!!!

No comments:

Post a Comment